Perbedaan Antara Vans Japan Market dan Vans Global Market

Ternyata Vans memiliki 2 versi yang berbeda, Japan Market dan global Market. Apa saja sih perbedaannya?

Kalian pernah denger ga ada Vans Japan Market dan Vans Global Market? Pernah kepikiran ga perbedaan antar keduanya apa? Lebih baik beli yang mana? Dan gimana cara ngebedainnya? Disini kita akan bahas seputar beberapa perbedaan antara Vans Japan Market dan Vans Global Market .

Vans Japan Market atau yang biasa dikenal dengan Vans JDM adalah Vans yang dirilis di Japan. Vans Japan juga ada yang dirilis di beberapa negara lainnya yaitu : China, Hongkong, Korea selatan, dan juga Taiwan. Sebenarnya Singapore juga merilis beberapa varian saja salah satunya Vans Vivo. 

Kenapa disebutnya Japan Market kalo dinegara lain juga ada yang merilis? Jawabanya karena sebagian besar memang dirilisnya di Japan, itu alasannya kenapa disebutnya Vans Japan / Vans JDM.

Terus apa aja sih bedanya sama Vans Global? Yuk kita simak penjelasannya dibawah

1. Outsole

Pada Vans slip on “Japan” V98CLA Checkerboard black and white (Japan Market) memiliki warna Outsole yang cerah, sedangkan pada Vans slip on classic Checkerboard black and white (Global Market) memiliki warna Outsole yang cenderung lebih gelap yaitu cokelat tua.

2. Shape

Untuk shape, keduanya memiliki kesamaan 80%. Tetapi kita masih dapat melihat perbedaannya. Pada Vans slip on “Japan” V98CLA Checkerboard black and white versi Japan memiliki shape bagian depan yang cenderung naik ke atas. Untuk warna, Global market memiliki warna lebih cerah dibanding dengan versi Japan Market

3. Stitching

Kualitas jahitan pada produk sepatu sangat diperhatikan. Jahitan dari sepatu Vans merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Namun, untuk versi Japan memiliki kualitas jahitan yang sedikit lebih rendah dibanding Global market. Contohnya pada vans Oldskool jahitan dari versi Vans Japan pada bagian jahitan dibawah Jazz Stripe yang menjadi perbedaan antara kedua versi ini, pada Versi Japan memiliki jahitan yang cenderung lurus dari depan hingga belakang dengan sedikit lengkungan tanpa sudut. Sementara pada seri Global, terdapat jahitan yang membentuk sudut dan lebih melengkung dibagian belakang jahitan.

4. Material Upper

Keduanya sama sama menggunakan material upper kanvas, baik versi Japan ataupun Global. Tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan yang dapat kita lihat. Yaitu, pada Vans Japan memiliki tingkat ketebalan yang lebih tebal dan kaku dibanding dengan Global Market

5. Insole

Insole yaitu bagian dalam sepatu yang menghadap ke atas, yang dimana jika kita menggunakan sepatu bagian tersebut akan bersentuhan langsung dengan telapak kaki kita. Pada versi Japan Market menggunakan varian Ultracrush yang dimana jenis ini lebih empuk dibanding pada Versi Global.

6. Size Tag

Pada bagian Size tag memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Pada Versi Japan size bulat (tanpa half) berwarna dasar putih dan pada hafsize menggunakan warna dasar hitam. Sedangkan pada versi Global semuanya menggunakan warna dasar putih. Untuk penulisan size pun memiliki perbedaan, pada versi Japan untuk halfsize menggunakan imbuhan H, contohnya size 9,5 ditulis dengan “9H”. sedangkan untuk versi Global ditulis tanpa imbuhan, contohnya “9,5”. 

Perbedaan keduanya akan lebih mudah dilihat ketika dibandingkan secara langsung, karena beberapa perbedaannya dapat mudah terlihat. Keduanya pun sama sama memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda, semuanya kembali lagi kepada kalian yang akan menggunakan. Lebih memilih versi Japan Market atau Global Market. Sekian penjelasan perbedaan antar kedua versi Vans, semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari tahu perbedaan antar keduanya.

Reference :

Perbedaan Vans Japan Market Dan Global Market – SaudaraMaya

Perbedaan Vans Oldskool Japan Market dan Global Rilis yang sebaiknya Kamu tahu. | by aribah afif | Medium

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *